Thursday 31 January 2013

sejarah internet....



sejarah internet

Internet merupakan jaringan kompueter yan terbentuk oleh Departermen Pertama Amerika serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA  yang di sebut ARPANET (Advanced Research Agency Network), di mana  mereka mendemostrasikan bagaimana dengan hadware dan software  computer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan ,kehandalan, besar informasi dapat di pindahkan ,dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan.
  Pada saat itu departermen tahan amerika serikat (US Department of defese) membuat system jarinagn computer yang terbesar dengan menghubungkan computer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir.
   Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu stanfrod Research institute ,University of California , santa Barbara hanya University of utah , di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969 , dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan oktobe 1972. tidak lam kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan semua universitas dinegara di sebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
  Oleh sebab ARPANET di peca menjadi dua,yaitu “MILNET” untuk diperlukan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk di perlukan non-militer seperti, Universitas-universitas. Gabunagan kedua jaringan akhirnya di kenal dengan nama DARPA internet yang kemudian disederhankan mennjadi Internet.

No comments:

Post a Comment